Latar Belakang
Sesuai dengan visi Program Studi Administrasi Bisnis “Menjadi program studi berkualitas, mandiri dan professional serta mampu bersaing dalam menghadapi tantangan global”. Yang merupakan turunan dari visi institusi yaitu menjadi lembaga pendidikan berkualitas, mandiri dan profesional. Yang dikelola dalam lingkungan organisasi yang sehat dan mampu bersaing dalam menghadapi tantangan nasional. Penyusunan program Administrasi Bisnis melalui rumusan yang dibahas oleh senat politeknik yang melibatkan para dosen dan juga stake holders dimulai dengan tahapan workshop, forum-forum studi dengan ditambah beberapa pustaka sehingga visi yang dihasilkan berorientasi pada mutu capaian lulusan program studi Administrasi Bisnis yang berkualitas.
Visi
Visi Program Studi Administrasi Bisnis adalah “menjadi program studi berkualitas, mandiri dan profesional serta mampu bersaing dalam menghadapi tantangan global pada tahun 2024”.
Misi
Program Studi Administrasi Bisnis dalam rangka mencapai visi memiliki dua misi, yaitu:
- 1.Mengembangkan pola penelitian berbasis aplikasi komputer dan keadministrasian guna menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.
- 2.Mengembangkan pola kerjasama dengan dunia usaha dan industri untuk melakukan perbaikan dan implementasi proses belajar mengajar.
Sasaran
Sasaran Program Studi Administrasi Bisnis adalah menghasilkan lulusan di bidang ketekniksipilan yang berkualitas, profesional, berdisiplin tinggi, dan mempunyai wawasan yang luas.
Tujuan
Tujuan penyelenggaraan Program Studi Administrasi Bisnis adalah menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional, mandiri dan mampu bersaing pada dunia usaha/industri.
SDM
- Seleksi dan pengembangan dosen dan karyawan diselenggarakan oleh yayasan berdasarkan usulan dari Politeknik Kotabaru yang mendapat usulan dari program studi. Seleksi Kompetensi akademik, seleksi attitut dan kepribadian. Bagi yang diterima dikontrak satu tahun sebelum ke tahap pengangkatan menjadi dosen/karyawan tetap. Pengembangan dosen/karyawan dalam bentuk pelatihan baik inhaouse maupun outhouse training.
- Monitoring dan evaluasi diterapkan pada setiap dosen dan karyawan, baik untuk kehadiran maupun dalam pelaksanaan tugas. Monitoring dilakukan setiap bulan dan evaluasi dilaksanakan per semester / per tahun terhadap pencapaian kinerja yang ditugaskan setiap awal semester.
- Dosen tetap dalam borang akreditasi BAN-PT adalah dosen yang diangkat dan ditempatkan sebagai tenaga tetap pada PT yang bersangkutan; termasuk dosen penugasan Kopertis, dan dosen yayasan pada PTS dalam bidang yang relevan dengan keahlian bidang studinya. Seorang dosen hanya dapat menjadi dosen tetap pada satu perguruan tinggi, dan mempunyai penugasan kerja minimum 36 jam/minggu.
Manajemen
Program Studi Administrasi Bisnis dalam melaksanakan pengelolaan fungsional dan operasional program studi melalui tahapan manajemen, yaitu: planning, organizing, staffing, leading, controlling yang efektif. Sistem pengelolaan manajemen Program Studi Administrasi Bisnis adalah sebagai berikut. Staf pengajar/dosen dan Kepala Laboratorium membuat rencana kerja tahunan terkait fungsi tugas masing-masing yang kemudian disampaikan kepada Ketua Jurusan/Program Studi. Rencana kerja tersebut selanjutnya dibagi menjadi 2 kegiatan, yaitu pertama, rencana kerja yang bersifat kegiatan administrasi regular jurusan/program studi dan ditunjang oleh tenaga administrasi di tingkat institusi (bagian administrasi akademik dan kemahasiswaan, umum dan perlengkapan, kepegawaian). Kedua, pengembangan jurusan/program studi dilakukan dengan membentuk tim task force atau team work dari kalangan internal dosen.
Kurikulum
Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.
Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
Lingkungan Akademis
- Kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik) serta ketersediaan dokumen pendukungnya.
Institusi perguruan tinggi memberikan fasilitas yang bisa menunjang kemajuan pengajaran untuk para tenaga pengajar, sebuah contoh laptop, slide proyektor yang digunakan untuk penyampaian materi pengajaran ke mahasiswa. - Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara civitas akademika, serta status kepemilikan prasarana dan sarana.
- Ketersediaan prasarana, sarana dan dana semuanya di kendalikan oleh yayasan pengembangan pendidikan yang mana semua permintaan dan pengajuan kebutuhan dan keperluan di program studi di ajukan sesuai prosedur yang di berlakukan.
- Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran yang rutin di laksanakan program studi Administrasi Bisnis adalah kunjungan industri ke perusahaan yang bertujun untuk memberikan pemahaman keilmuan yang langsung di kunjungi oleh mahasiswa.
- Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa, antar mahasiswa, serta antar dosen yaitu dengan melalui pembinaan himpunan mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis.